Jl. Dr. Setiabudi No. 63 Pamulang Tangsel

Header Ads

Amankah Memasang Jendela Tanpa Teralis?


Memiliki jendela besar di rumah umumnya menjadi impian banyak orang. Apalagi jika pemandangan di luar rumah Anda sangat indah dan jendela besar tersebut tidak dipasang teralis yang mengganggu pandangan. Terlebih jika kaca-kaca ini menjadi dinding, pemandangan yang dilihat tentu semakin menarik.
Namun, memiliki jendela besar tanpa teralis tentu memiliki risiko, karena banyak kasus kemalingan disebabkan karena maling masuk ke dalam rumah melalui jendela. Karena fungsi teralis memang sebagai penghalang mencegah masuknya maling. Namun, Anda tetap bisa tinggal dengan aman dan nyaman meski menggunakan jendela tanpa teralis.

Pastikan Perumahan Terjaga Keamanannya

Jendela besar tanpa teralis cocok diterapkan untuk Anda yang tinggal di konsep perumahan tertutup atau cluster. Di sekeliling cluster dibangun tembok yang biasanya terbuat dari beton atau besi yang fungsinya memagari kawasan dari luar. Sistem keamanan dan akses masuknya pun ketat, bahkan ada yang dilengkapi dengan CCTV. Aksesnya hanya satu gerbang untuk masuk dan keluar. Setiap penghuni  memiliki tanda pengenal khusus dan pengunjung atau tamu diminta  identitas diri. Dengan keamanan yang terjamin Anda sangat mungkin untuk memiliki jendela besar tanpa teralis.

Gunakan Jenis Kaca yang Tepat

Jendela besar tanpa teralis biasanya menggunakan kaca mati (fixed window), yang tidak dapat dibuka dan fungsinya bukan untuk ventilasi udara melainkan hanya meneruskan cahaya dari luar ke dalam rumah. Pilih jenis kaca yang kuat dan tidak mudah pecah untuk meminimalisasi kemungkinan maling masuk dengan memecahkan kaca. Kaca yang bisa dipilih antara lain kaca tempered dan kaca laminated. Kaca tempered memiliki daya tahan terhadap tekanan, benturan serta perubahan suhu 3-5 kali lipat dari kaca biasa. Kaca jenis ini yang juga biasanya digunakan untuk pintu dan dinding frameless. Sedangkan kaca laminated, merupakan dua lembar kaca yang disatukan dengan satu atau lebih lembaran film polifinil yang transparan sehingga memiliki daya tahan yang cukup kuat yang membuatnya sulit retak dan pecah.

Pakai Sistem Alarm

Untuk Anda yang sudah memiliki sistem alarm yang memonitor wilayah di dalam dan luar ruangan, tingkatkan pengamanan dengan sensor pendeteksi kaca pecah. Alarm ini akan memberitahukan Anda ketika ada kaca yang pecah.

Via Majalah Asri
Powered by Blogger.