Jl. Dr. Setiabudi No. 63 Pamulang Tangsel

Header Ads

43 Persen Warga Jadebotabek Usia 45 Tahun Belum Punya Rumah


Sebanyak 43,4 persen warga Jadebotabek usia 45 tahun ke atas tercatat belum memiliki rumah.
Fakta ini terungkap dari hasil "Sentiment Survey 2017" yang dilakukan portal Rumah123 kurun 15 Maret hingga 5 April 2017.

Itu artinya sebanyak 1.794 orang dari total 4.134 responden yang disurvei, masih menyewa atau mengontrak, atau tinggal di rumah orang tua, mertua, warisan, dan bisa juga masih berdiam di rumah dinas.
"Mereka ini tidak semuanya dari kalangan berpenghasilan rendah (MBR), ada juga yang terhitung mapan dengan penghasilan serentang Rp 10 juta-Rp 20 juta per bulan," tutur Country General Manager Rumah123 Ignatius Untung menjawab KompasProperti, Rabu (3/5/2017).
Sementara responden dengan rentang usia 22-28 tahun adalah golongan yang paling banyak tidak memiliki rumah.
Sebanyak 2.272 responden atau 54,96 persen usia ini masih numpang tinggal di rumah orang tua, rumah warisan, atau rumah dinas.
Hanya 10,75 persen atau 444 orang yang sudah membeli, dan memiliki rumah sendiri. Sedangkan 29,00 persen masih mengontrak.

Baca Juga



Menurut Untung, hal ini menggambarkan bahwa masalah perumahan bukan melulu soal kesulitan membayar uang muka atau down payment (DP). 
"Ada masalah serius yakni pola pikir. Masyarakat kita tidak sejak awal ditanamkan untuk membeli rumah sejak dini. Masyarakat kita tidak teredukasi dengan baik," tambah Untung.
Dia melanjutkan, gaya hidup dan gengsi masih menjadi pertimbangan utama mengapa kemudian mereka sampai saat ini masih menumpang.
"Beli gawai terbaru, jalan-jalan ke luar negeri, beli mobil anyar, dan menyalurkan hobi bagi mereka lebih penting ketimbang membeli rumah," cetus Untung.

Via properti.kompas


Powered by Blogger.