Jl. Dr. Setiabudi No. 63 Pamulang Tangsel

Header Ads

5 Destinasi Kuliner Yang Layak Anda Datangi

Sejumlah kota baru (township) di Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi) kini berkembang semakin menarik menjadi tujuan wisata keluarga. Beragam fasilitas yang tersedia di dalamnya berhasil menyita perhatian publik. Bukan hanya mal atau pusat belanja, pengembang juga menghadirkan tempat kuliner yang menarik. Anda bukan hanya disuguhi aneka ragam kudapan yang menggugah selera tapi juga suasana nyaman dan menarik. Berikut ini 5 destinasi kuliner di kawasan kota baru yang layak Anda datangi bersama anggota keluarga.

1. Ah Poong – Sentul City, Bogor
Tempat kuliner di Sentul City Bogor, Jawa Barat, ini beroperasi kurang lebih satu tahun lalu. Ah Poong, plesetan dari apung (mengambang), langsung menyedot perhatian publik. Saban hari tak pernah sepi pengunjung. Akses ke tempat ini juga gampang melalui jalan tol Jagorawi keluar Sentul Selatan. Terlebih pada akhir pekan, Anda harus siap-siap untuk antre.


Ah Poong yang pengembangannya melibatkan Bondan Winarno, pembawa acara kuliner di TV yang beken dengan slogan maknyus menawarkan lingkungan alam mempesona. Dibangun di bantaran Kali Cikeas dengan perahu yang lalu-lalang menjajakan dagangan yang diambil dari kebun petani, seperti pisang, ubi, singkong, dll.
Di pinggiran kali terdapat undakan menyerupai dermaga. Dari tempat parkir kendaraan ke tempat ini harus menyeberangi jembatan yang melintang di atas Kali Cikeas. Tempat kuliner yang dikelola Eat & Eat ini banyak menyajikan menu tradisional: soto mie Bogor, nasi bakar, nasi langgi, nasi timbel, aneka mie, dll.
Sambil bersantap anak-anak juga bisa bermain bebas di Eco Art Park, taman interaktif cukup luas yang mengambil tema pendidikan. Di sini terdapat patung karya pematung terkenal dari sejumlah negara, koleksi benda antik, dan beberapa media yang terkait dengan dunia fisika, seperti bagaimana memantulkan suara menjadi lebih keras dari jarak tertentu, dan sebagainya.

Baca Juga



2. Flavour Bliss – Alam Sutera, Serpong, Tangerang, Banten
Anda penikmat makanan lezat dan hiburan? Coba sekali waktu ke Flavour Bliss (FB) di perumahan Alam Sutera (1.000 ha), Serpong, Tangerang, Banten. Di kawasan kuliner seluas 6,5 ha itu pengunjung tidak cuma bisa makan dan ngopi, tapi juga mencari hiburan. Di malam hari pada setiap akhir pekan (week end) di panggung hiburan disuguhkan live music.


Di sini Anda dapat memilih aneka kudapan dalam suasana santai dan nyaman. Awalnya FB hanya seluas 1,8 ha berisi 8 gerai, lalu diperluas menjadi 6,5 ha mencakup 30 gerai. Gerai resto menyuguhkan produk atau menu makanan berbeda. Bandar Djakarta menjajakan aneka masakan sea food segar, Eastern Kopi Tiam menyediakan minuman kopi, dimsum, dan barbeque, Radja Ketjil menyajikan menu-menu masakan peranakan. Masih ada Red Bean, Nuzzys, Nanny’s Pavillion, Chiang Dynasty, Pondok Selasih, hingga Sushi Tei, dll. Yang hobi es krim silakan ke Café Pisa yang berdekatan dengan Ratna Ribs, spesialis aneka hidangan dari iga sapi, di ujung kawasan. Bagi yang sekedar ingin membeli buah atau minum jus dapat mengunjungi gerai Total Buah Segar. Ada juga Harvest yang menyediakan aneka cake.
Setiap hari gerai di FB sudah mulai buka sejak pukul 10 pagi. Di akhir pekan Anda perlu berhitung dulu sebelum ke sini. Area parkir berkapasitas ratusan mobil umumnya sudah penuh sebelum magrib, bahkan meluber hingga ke pinggir jalan utama perumahan selepas pukul tujuh malam. Bandar Djakarta salah satu favorit. Restoran berkapasitas 300 meja dan 20 saung ini kerap tidak mampu menampung tetamu sehingga harus antre.

3. Meli-Melo, Kota Harapan Indah, Bekasi
Sentra kuliner di Kota Harapan Indah (2.000 ha) Bekasi di Jl Sultan Hamengkubuwono (Jl Raya Bekasi) ini menjadi destinasi baru di kawasan. Lokasinya dekat bundaran Kota Harapan Indah (KHI) tidak jauh dari pintu gerbang perumahan. Dulu di bundaran itu berdiri patung “Tiga Mojang” setinggi lima meter karya Nyoman Nuarta yang begitu indah. Ikon kawasan itu kini bersalin rupa dengan menghadirkan karya baru Nuarta.


Meli-Melo memikat pengunjung bukan saja suasana gerainya yang nyaman tapi juga pilihan restonya yang begitu beragam. Di kawasan seluas 5 ha itu terdapat belasan gerai resto dengan menu khasnya masing-masing. Semuanya sudah cukup familiar di kalangan kaum urban, sebutlah Steak 21, Bumbu Desa, Leko, Burger & Grill, Crab Hut. Ada juga Ayam Tulang Lunak Hayam Wuruk, Bebek Kaleyo, Mang Kabayan, dan Hoka Hoka Bento. Tidak ketinggalan restoran fast food yang popular di kalangan anak-anak dan remaja, seperti Mc Donald, KFC, Pizza Hut, dan AW. Ada juga Pondok Nelayan, Rice Bowl, dan Little Penang.
Gerai resto berjajar di sisi kiri dan kanan menghadap jalan cukup lebar dengan naungan rindang pohon peneduh. Deretan gerai dimulai selepas bundaran berakhir sebelum Gyant Hypermarket. Semuanya menempati bangunan independen, masing-masing di atas tanah 2.500 m2. Setiap gerai punya taman dan pelataran parkir luas lengkap dengan area makan outdoor. Rancangan area makan outdoor berbeda satu sama lain. Ada yang menggunakan atap pelindung, menghadirkan meja-meja bulat empat dudukan dengan payung penutup, ada juga yang langsung beratap langit. Bila cuaca bersahabat, tidak hujan atau terik, para penikmat tembakau bisa mengambil tempat di situ.
Pada hari biasa tempat ini banyak dikunjungi orang-orang, sementara pada saat week end pengunjungnya didominasi kalangan keluarga. Seperti terlihat di Steak 21, dua orang ibu beserta anggota keluarganya mengobrol santai di salah satu sudut ruang. Tak lama pesanan datang: steak gindara, sirloin, plus orange float. Rombongan satunya menikmati chiken gordon bleu dan nasi goreng seafood.

4. Rumah Air, Bogor Nirwana Residence, Bogor
Restoran di kawasan perumahan Bogor Nirwana Residence (BNR) di Jl Dreded-Pahlawan, Kota Bogor, ini memikat pengunjung bukan dari menu makanannya saja. Suasana, lingkungan alam, dan sajian permainannya membuat orang ingin datang dan betah berlama-lama. Restoran yang dibangun di atas lahan 3,5 ha ini dihadirkan dengan danau buatan dikelilingi taman-taman yang asri. Semilir angin pegunungan yang segar dan gemericik air yang dialirkan langsung dari sungai, makin melengkapi suasana alami resto. Restoran dikemas dalam suasana pedesaan di atas danau, dilengkapi saung lesehan, saung pancing, dan aneka permainan anak.


Tempat makan disebar dalam saung-saung lesehan berjumlah 85 unit di atas danau dan di antara taman. Saung didesain terbuka, terbuat dari bambu beratap alang-alang.
Dari atas saung Anda boleh memberi pakan ikan di danau. Kapasitas saung mulai dari dua orang, 10–20 orang, hingga paling besar bisa diisi 150 orang. Jika ingin makan dilengkapi meja dan kursi, pilih saja area restoran utama (main resto).
Resto bisa disewakan untuk resepsi pernikahan atau pertemuan. Bila cuaca cerah Anda bisa menikmati pemandangan danau dan Gunung Salak sekaligus dari teras restoran. Rumah Air juga menyediakan 25 saung pemancingan di bagian belakang lahan restoran. Anda dan keluarga boleh memesan menu makanan sembari memancing bersama.
Selesai makan dan mancing, Anda bisa mengajak si kecil mencoba aneka permainan di Rumah Air. Area bermain berupa taman terbuka terbagi di dua sisi. Ada becak mini dan funny otopad yang bisa dinaiki anak-anak di area taman dekat musala. Di area bermain lainnya terdapat istana balon dan kolam air untuk bermain bumper boat. Masih ada motor ATV (all terrain vehicle), crazy ball di atas danau, dan perahu-perahu mini warna-warni untuk berkeliling mengitari saung.

5. Talaga Sampireun, Bintaro Jaya, Tangerang Selatan
Menyantap nasi hangat dari bakul dengan lauk ikan gurame goreng terbang, udang galah kental-kentul, plus sambal mangga yang asam pedas, sepertinya layak anda jajal di Talaga Sampireun (TS). Cicipi juga hidangan penutup tape goreng saus karamel yang manis dengan taburan keju. Tempat kuliner di perumahan Bintaro Jaya, Tangerang Selatan, ini menghadirkan tempat bersantap di tepi danau seluas 12.000 m2. Lokasinya Jl Boulevard Raya di sisi pintu tol Pondok Aren tidak jauh dari Bintaro Xc Mall.


Konsep restoran yang ditawarkan cukup menarik kaum urban. Suasana ruang terbuka alami dihadirkan lengkap dengan sensasi air danau yang tenang dan pencahayaan di malam hari yang romantis. Anda bisa memilih duduk lesehan di pinggir taman, saung di atas danau, pelataran terbuka yang terapung (floating deck) atau di lapak pemancingan dari gubuk bambu. Jika cuaca bagus, pilihan bersantap malam di floating deck dengan lampion menggantung di tiang bambu akan terasa istimewa. Selain saung terbuka, tersedia juga saung yang bisa ditutup dengan jendela kaca bening dan dilengkapi AC.
Talaga Sampireun dilengkapi 25 lesehan, 32 saung, 7 lapak mancing, floating deck dan dining hall untuk 800 pengunjung. Pada akhir pekan pengunjung harus bersabar mengingat yang datang bisa lebih dari 1.000 orang. Talaga Sampireun dilengkapi kolam pancing memanjang seluas 2500 m2, kids playground, dan hiburan live music setiap akhir pekan.

Sumber : housing-estate.com

Konsultasikan kebutuhan anda disini, tanpa biaya dan tidak mengikat.

Help Me Find Pro


Powered by Blogger.