Jl. Dr. Setiabudi No. 63 Pamulang Tangsel

Header Ads

Berbagi Kebahagiaan dengan Tetangga Jelang Ramadhan


Bulan suci Ramadhan akan tiba. Seluruh umat Islam bersuka cita menyambut kedatangannya. Banyak cara dilakukan sebagai wujud suka cita, selain berkumpul bersama sanak keluarga (munggahan), ada juga yang mulai mendekorasi rumah mereka agar tetap terlihat cantik.
Setelah merayakan bersama keluarga, jangan lupa juga bersilaturahmi dengan tetangga sekitar rumah Anda.
Dilansir dari qul.org.au, ada tujuh cara untuk berbagi kebahagiaan bersama tetangga di lingkungan perumahan:

1. Mulailah dengan doa

Sebelum berbagi, alangkah baiknya Anda mulai dengan berdoa sebagai wujud rasa syukur atas kesehatan, kekuatan, dan rejeki yang melimpah.
Dalam doa pintalah untuk diberikan motivasi untuk tetap semangat berbagi. Karena dengan motivasi, Anda akan ikhlas menjalankan usaha mulia ini.

2. Pasang spanduk bertemakan Ramadhan di pintu Anda

Sebagai tanda bahwa Ramadhan adalah bulan penuh rahmat dan keberkahan, tidak ada salahnya Anda memasang spanduk bertemakan Ramadhan. Misalnya, menggunakan kalimat “Marhaban Yaa Ramadhan” atau “Ramadhan Ceria”.
Membuat spanduk tidak harus selalu membeli. Anda bisa membuatnya sendiri dengan menggunakan kain satin atau polyster. Kemudian, letakkan potongan origami atau kertas karton berwarna menyerupai tulisan ke sisi kain.
Atau Anda juga bisa memasang, spanduk bertuliskan keberkahan Ramadhan, agar tetangga Anda juga mengetahui dan memberikan motivasi positif.

3. Kirimkan kartu ucapan selamat menunaikan ibadah puasa

Mengirim kartu ucapan ternyata tidak selalu dilakukan saat lebaran saja. Anda juga bisa mengirimkan kartu ucapan bertuliskan “Selamat menjalankan puasa ya!”. Selain itu, jangan lupa cantumkan doa dan harapan tentang resolusi Ramadhan tahun ini.

4. Kirimkan makanan kepada tetangga

Jika selama ini memberikan makanan lebih sering dilakukan saat berbuka puasa, Anda juga bisa mengirimkan makanan atau kue kering seraya mengucapkan permohonan maaf sebelum puasa.
Karena, terkadang banyak yang melupakan permohonan maaf sebelum puasa dan lebih sering saat lebaran. Padahal, Ramadhan mengajarkan umat Islam untuk suci menjalankan puasa.
Selain Anda tenang menjalankan puasa selama Ramadhan, Anda juga bisa terus memotivasi diri untuk jauh lebih baik.

Baca Juga



5. Berikan balon dan permen kepada anak-anak

Bagi sebagian orang dewasa, berpuasa adalah tantangan berat, apalagi bagi anak-anak. Nah, untuk membuat puasa terasa lebih menyenangkan bagi anak-anak, tak ada salahnya memberikan hadiah bagi anak yang berhasil menjalankan ibadah puasa.
Hadiah bisa dirupakan dalam bentuk balon, cokelat, permen, atau hal-hal lain yang disukai oleh anak-anak.
Jangan lupa untuk menuliskan “I love Ramadhan” atau “Ramadhan ku, Ramadhan mu”, pada secarik kertas kecil yang digulung menyerupai gulungan arisan. Pada saat mereka penasaran, tentu mereka akan membuka dan membacanya.

6. Buatlah obrolan rencana buka puasa bersama di sekitar rumah

Sambil berbincang, tidak ada salahnya bila Anda dan tetangga sudah mempersiapkan berbuka puasa bersama (ifthor jam’I). Obrolan ini akan membuat Anda menjadi dekat dengan tetangga.

7. Membagikan jadwal imsakiyah

Terakhir, Anda bisa membagikan jadwal imsakiyah (jadwal puasa) kepada tetangga Anda. Ini bisa dilakukan H-1 jelang Ramadhan. Karena, biasanya jadwal imsakiyah baru didapat setelah puasa berlangsung.

Sumber: rumah.com

Konsultasikan kebutuhan anda disini, tanpa biaya dan tidak mengikat.

Help Me Find Pro


Powered by Blogger.