Jl. Dr. Setiabudi No. 63 Pamulang Tangsel

Header Ads

Cara Mudah Menanam Tomat dalam Satu Minggu


Menanam sayuran di pekarangan rumah tentunya dapat memberi banyak manfaat. Selain menyediakan suplai makanan organik yang ramah lingkungan, tren urban farming juga mendorong kita untuk mulai menerapkan gaya hidup sehat sekalipun tinggal di tengah kota.
Bila Anda bingung soal jenis sayuran apa yang mudah ditanam, maka cobalah tomat sebagai percobaan pertama. Tomat adalah salah satu bahan penting untuk meracik masakan. Selain itu, tomat juga bisa disajikan sebagai minuman segar bila dibuat menjadi jus. Harga tomat yang cukup tinggi di pasaran juga bisa menjadi alternatif Anda untuk menghemat biaya belanja sayur mayur.
Dan berita bagusnya, ternyata Anda bisa menanam tomat hanya dalam waktu satu minggu! Bagaimana caranya? Simak langkah-langkah dari Rumah.com berikut ini.
Sebelum memulai, Anda harus memiliki tanaman tomat untuk dipotong bagian batangnya. Stek salah satu bagian batangnya untuk menjadi pohon baru.

Pangkas tunas hingga ujung agar lebih mudah dipotong. Cara ini juga membuat tanaman tomat Anda tumbuh lebih kokoh

Kunci utama untuk membuat proses stek Anda berhasil ialah menemukan dahan yang muda dari dahan utama. Pastikan Anda memotong dari ujung stem. Tukang kebun ahli menyarankan agar memangkas tunas hingga ujung agar lebih mudah dipotong. Cara ini juga membuat tanaman tomat Anda tumbuh lebih kokoh.
Anda pun tidak memerlukan banyak peralatan untuk menumbuhkan akar dari dahan tunas baru ini, cukup siapkan air dan pot atau vas kaca.

Simpan vas tomat Anda di tempat bersuhu hangat, misalnya di depan jendela yang mendapat pantulan sinar matahari

Kemudian potong tunas dahan yang Anda inginkan. Lalu segera rendam bagian ujung tunas ke dalam vas berisi air. Simpan vas tomat Anda di tempat bersuhu hangat, misalnya di depan jendela yang mendapat pantulan sinar matahari.
Dalam jangka waktu satu sampai dua minggu, akan tumbuh anak akar dari bagian ujung tunasnya. Bila akar tumbuh cukup panjang, maka pohon tomat Anda siap dipindahkan ke media tanam tanah. Anda bisa tanam pohon langsung di pekarangan rumah atau di wadah pot.

Cara ini sangat ampuh membantu tanaman Anda beradaptasi dengan media tanam dan lingkungan yang baru

Tips Penting: Untuk beberapa hari pertama sejak dipindahkan ke media tanah, siram pohon tomat Anda dengan air yang cukup banyak dan sebaiknya hindari dari sinar matahari langsung. Cara ini sangat ampuh membantu tanaman Anda beradaptasi dengan media tanam dan lingkungan yang baru.
Nah, selanjutnya pohon tomat Anda siap dibesarkan dan tunggu sampai berbuah. Selamat mencoba!

Sumber: rumah.com

Konsultasikan kebutuhan anda disini, tanpa biaya dan tidak mengikat.

Help Me Find Pro


Powered by Blogger.