Jl. Dr. Setiabudi No. 63 Pamulang Tangsel

Header Ads

Hitung-Mundur Persiapan Agar Mudik Lancar


Mudik merupakan tradisi masyarakat Indonesia yang merantau di kota dan pulang ke kampung halamannya saat Hari Raya tiba. Meski harus berpacu dengan kondisi lalu lintas yang padat atau harga tiket transportasi yang melambung tinggi, para perantau ini rela melakukan segalanya demi bisa berkumpul bersama keluarga di hari nan fitri nanti.


Lalu bagaimana dengan Anda? Apabila Anda juga berencana mudik saat high season seperti saat liburan hari raya pastikan bahwa Anda sudah membuat perencanaan yang matang sejak jauh-jauh hari. Dan Kira-kira apa saja yang harus di checklist supaya tidak ada yang terlupa?
Untuk mudahnya gunakan metode hitung mundur dan simak penjabarannya dari Rumah.com berikut ini.

10-30 Hari Sebelum Keberangkatan 

  1. Daftar bawaan: Apabila Anda ingin memberikan oleh-oleh atau titipan untuk sanak keluarga di kampung halaman, catat rapi apa saja yang akan dibawa. 
  2. Hewan peliharaan: Persiapkan tempat yang tepat untuk menitipkan hewan peliharaan Anda. Anda bisa menitipkan kepada saudara atau tetangga yang bisa dipercaya. Namun apabila ingin menitipkan ke pet care sebaiknya pesan dari jauh-jauh hari sebelum penuh. 
  3. Sekolah: Persiapkan izin sekolah untuk anak-anak apabila durasi jadwal mudik lebih lama dari libur yang telaah ditetapkan. 
  4. Koper dan Tas: Tentukan tas yang akan digunakan untuk menampung barang bawaan agar cukup memuaat barang bawaan dan mudah dibawa. 
  5. Kendaraan: Apabila ingin membawa kendaraan pribadi, cek kondisi mesin dan lakukan servis ke bengkel terdekat. 

5-7 Hari Sebelum Keberangkatan 

  1. Pekerjaan kantor: Mulai beritahu atasan dan kolega bahwa Anda akan mengajukan cuti beberapa hari untuk mudik. Atur jadwal apabila ada pertemuan meeting pada tanggal cuti mudik. 
  2. Pembayaran cicilan atau utang: Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, sebaiknya bayar utang cicilan sebelum tanggal keberangkatan karena bisa saja Anda kehilangan sinyal internet di kampung halaman nanti saat akan melakukan pembayaran via internet atau mobile banking. 
  3. Kesehatan: Pastikan Anda cukup istirahat dan minum multivitamin agar tubuh tetap bugar. 
  4. Buku: Agar tak bosan di perjalanan, Anda bisa menyiapkan buku atau film yang bisa dinikmati sepanjang perjalanan 

2-4 Hari Sebelum Keberangkatan 

  1. Pekarangan Rumah: Potong rumput dan tata rapi sebelum Anda tinggal mudik beberapa hari. Jangan lupa menyiram lebih banyak agar tanaman bisa menyimpan cadangan air. 
  2. Tempat sampah: Bersihkan rumah dari sampah dan segera tumpuk di tempat pembuangan sampah. 
  3. Pencahayaan: Pastikan lampu teras dan lampu ruang tamu dalam keadaan menyala ketika Anda tinggal bepergian. 
  4. Baterai: Isi penuh baterai untuk beberapa alat elektronik seperti kamera, telepon genggam, laptop, pemutar musik, dan cadangan daya (powerbank) 
  5. Dokumen dan tiket: Apabila Anda pergi dengan transportasi umum atau hendak menginap di penginapan maka siapkan tiket dan lakukan reservasi. 
  6. Cuaca: Cek kondisi cuaca di kampung halaman dan sesuaikan dengan bawaan Anda. Misalnya siapkan minyak gosok dan jaket apabila sedang musim hujan. 
  7. Isi tas: Tata ulang bawaan Anda di dalam tas, mulai dari oleh-oleh, pakaian, peralatan mandi, peralatan elektronik, sampai dengan obat-obatan. 

1 Hari Sebelum Keberangkatan 

  1. Kulkas: Bersihkan kulkas dari bahan makanan basah yang cepat basi. Lebih baik kosongkan kulkas ketika Anda tinggal bepergian dalam jangka waktu lama. 
  2. Makanan dan minuman: Untuk menghemat pengeluaran, siapkan makanan dan minuman dari rumah dengan memasak beberapa menu kering dan membeli makanan ringan. Siapkan pula mainan apabila hendak bepergian mengajak anak. 

Hari Keberangkatan 

  1. Tanaman: Sirami tanaman di pagi hari sebelum berangkat. 
  2. Elektronik: Cabut kabel alat elektronik dari stop kontak, misalnya alat pembuat kopi, komputer, kipas angin, dan lain sebagainya. 

Mudik pastinya akan memakan dana yang tidak sedikit dan bisa jadi nilainya setara dengan DP rumah.

Sumber: rumah.com


Powered by Blogger.