Jl. Dr. Setiabudi No. 63 Pamulang Tangsel

Header Ads

Kantor Baru Google Bikin Ngiler

Bukan Google namanya kalau tidak membangun kantor yang eksentrik sekaligus nyaman bagi pekerjanya. Raksasa teknologi multimedia itu membangun kantor baru di London, Inggris, dengan terobosan yang berbeda. Apa itu?
Jika sebelumnya kantor Google identik dengan fitur-fitur unik seperti ruang kerja berbentuk kereta gantung, sejumlah permainan untuk mengusir rasa penat, hingga kantin penuh dengan puluhan ragam makanan, kini Google membangun kantor baru yang sangat asri dan nyaman.

Tampak depan fasad kantor baru Google
Google mengumumkan rencana gambar pertama dari markas besarnya di London. Dalam gambar tersebut memperlihatkan sebuah bangunan bertingkat 11 yang dirancang secara kolaboratif oleh Studio Heatherwick dan Bjarke Ingels Group.
Dilansir Okezone, bangunan ini dirancang seluas lebih dari 1 juta kaki persegi atau hampir 10 hektare, dengan 65% luas lantai ditempati oleh Google. Bangunan tersebut sejajar dengan stasiun kereta King’s Cross,diselingi dengan sistem ramah lingkungan dan hemat energi termasuk panel surya di atap dan tirai/kerai cerdas.

Tirai cerdas kantor Google. Kiri: pagi menjelang siang. Tengah: siang. Kanan: siang menjelang sore
Disebut kerai cerdas karena kerai ini mampu bergerak menyesuaikan arah datangnya sinar matahari sepanjang hari. Intensitas sinar matahari yang menerobos ke dalam ruangan melalui jendela dapat dikurangi membuat suhu di dalam ruangan tetap terjaga, sehingga penggunaan listrik untuk penyejuk ruangan pun dapat dikurangi.

(Simak juga: 6 Bangunan dengan Bentuk Unik di Dunia)

Google telah mengajukan permohonan izin perencanaan, dengan konstruksi diperkirakan akan mulai berjalan pada 2018. Struktur yang dibangun akan digabungkan dengan bangunan saat ini. Bangunan ketiga tersebut berpotensi menampung 7.000 karyawan.

Danau dan rumput hijau. Siapa yang tak betah?
Skema ini akan menampilkan tema ‘alami’, dengan semua material bersumber dari program bahan sehat Google. Aplikasi perencanaan proyek menunjukkan, kompleks tersebut juga akan memiliki lapangan basket dan kolam renang dalam ruangan. Kemudian, bangunan ini juga akan ditutup dengan taman atap yang luas.

Jenuh dengan pekerjaan? Tinggal ‘rekreasi’ ke atap
“Kawasan ini merupakan perpaduan yang menakjubkan dari beragam tipe bangunan dan ruang. Saya tidak bisa untuk tidak menyukai perpaduan antara stasiun kereta api ini, jalan, kanal dan infrastruktur lainnya yang berlapis sampai ke titik yang paling terhubung di London,” kata Heatherwick dalam sebuah pernyataan pers.

Sumber: rumah.com


Powered by Blogger.