Jl. Dr. Setiabudi No. 63 Pamulang Tangsel

Header Ads

Membuat Desain Kolam Kecil Dengan Dana Minim


Rumah yang asri dan sejuk tentunya menjadi impian bagi setiap orang. Banyak hal yang dapat anda lakukan untuk membuat nuansa rumah yang asri dan cantik dipandang. Salah satunya dengan pembuatan kolam di area halaman rumah anda. Anda bisa menempatkan kolam di depan, samping,belakang, bahkan hingga di dalam rumah.
Namun banyak orang yang mengurungkan niat untuk membuat kolam di area rumahnya karena merasa bahwa pembuatan kolam akan menghabiskan biaya yang cukup banyak. Padahal, anda bisa saja membuat konsep desain kolam mini terbaru yang hanya menghabiskan budget tak terlalu banyak. Konsep mini dan minimalis saat ini banyak sekali digunakan pada area rumah yang tak terlalu besar. Meskipun terlihat minimalis, namun tampilan kolamnya sama sekali tak terlihat membosankan. Dengan desainnya yang simple, tetap membuat kolam terlihat menarik, modern, dan elegan. Nah bagi anda yang tertarik membuat desain kolam mini terbaru biaya murah, anda bisa menggunakan tips-tips dibawah ini.

Pemilihan Lokasi Kolam
Penting sekali bagi anda untuk menentukan terlebih dahulu lokasi kolam mini yang akan anda bangun. Pemilihan lokasi merupakan hal penting karena akan mempengaruhi pada biaya pembangunan kolam tersebut. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, anda bisa membangun kolam mungil di depan, samping, dan belakang halaman rumah anda.
Lokasi-lokasi ini sangat direkomendasikan untuk pembuatan kolam sehingga anda bisa nyaman menikmati pemandangan kolam yang menyejukkan. Usahakan untuk tidak membangun kolam di dekat pohon-pohon besar karena membuat rontokan daun dapat jatuh mengotori kolam anda. Pastikan pula lokasi yang anda pilih terkena sinar matahari yang cukup.

Menentukan bentuk kolam
Setelah itu, mulailah anda menentukan bentuk kolam mini yang anda inginkan. Karena anda memasang budget yang murah, tentu saja konsep minimalis merupakan yang paling tepat untuk kolam anda. Desain sederhana dan minimalis yang seringkali digunakan adalah desain kotak. Dan untuk menambah tampilan menariknya, nantinya anda bisa mendekorasi dengan batu-batuan alam. Bentuk kolam juga bisa anda sesuaikan dengan konsep rumah anda. Sehingga nantinya bisa terlihat lebih serasi antara kolam dengan rumah anda.

Tentukan besar kolam
Setelah desain dan bentuknya sudah anda tentukan, saatnya anda menentukan ukuran dari kolam anda. Besar kecilnya ukuran dari kolam yang anda buat tentunya harus diperhitungkan dengan matang, berhubungan pula dengan letak dan ukuran lahan yang digunakan. Jangan sampai ukuran kolam anda bisa menghalangi aktivitas yang adadi sekelilingnya. Peletakan serta ukuran kolam yang tidak tepat malah akan membuat kesan berantakan yang membuat rumah menjadi tidak nyaman.

Buatlah anggarannya
Setelah semua konsepan dasar telah ditentukan, mulai dari lokasi, ukuran hingga desain. Maka selanjutnya buatlah anggaran pembuatan kolam yang sesuai dengan konsep yang anda buat. Pastikan pula anggaran tersebut juga sesuai dengan budget yang anda miliki. Dengan adanya anggara ini, dapat membantu anda untuk memastikan bila pengeluaran anda tertuju pada anggara yang sudah anda buat. Sehingga tidak terjadinya pembengkakan biaya kedepannya.

Memilih bahan material
Pastikan untuk memilih material yang memang memiliki kualitas baik dan tahan lama. Meskipun dibanderol dengan sedikit lebih mahal, namun anda tidak akan rugi kedepannya. Memilih bahan yang murah dan tidak berkualitas hanya akan membuat anda menghabiskan biaya yang lebih banyak lagi kedepan nya. Bahan-bahan dasar yang biasanya dibutuhkan dalam pembuatan kolam adalah pasir dan semen. Jika anda ingin menambahkan material dekorasi di sekitaran kolam anda, maka pilihlah dekorasi yang tidak terlalu sulit dibersihkannya. Sehingga tidak akan menggangu waktu anda. Biasanya kebanyakan orang menggunakan batu-batu alam dan tanaman hias untuk dapat mendekorasi desain kolam mini terbaru indah. Anda bisa menggunakan batu alam jenis zeolite dan andesit yang dapat menyerap nitrit dan ammonia. Sehingga tampilan kolam tak hanya indah namun juga sehat.

Memilih jasa tukang
Jika anda memang tidak terlalu mengetahui tentang pembuatan kolam, akan lebih baik bila anda menyewa jasa tukang yang dapat membuat kolam. Daripada anda menghabiskan uang dengan percuma, lebih baik memberikan pekerjaan kepada orang yang memang sudah ahli. Sehingga pekerjaan dapat menjadi lebih cepat dan pengeluaran biaya dapat sedikit berkurang. Dalam hal ini, TukangSaya.com merupakan ahlinya.

Perawatan kolam
Setelah kolam yang anda idam-idamkan terwujud, tentunya hal selanjutnya yang harus anda perhatikan mengenai perawatan kolam. Perawatan kola mini sangat penting karena akan membuat tampilan kolam menjadi bersih dan penghuninya sehat-sehat.








Sumber: renovasi-rumah

Konsultasikan kebutuhan anda disini, tanpa biaya dan tidak mengikat.

Help Me Find Pro


Powered by Blogger.