Jl. Dr. Setiabudi No. 63 Pamulang Tangsel

Header Ads

Tips ‘Bersih-Bersih’ Tampilan Depan Rumah Jelang Idul Fitri


Ketika membahas soal bersih-bersih rumah, perhatian kita biasanya akan lebih banyak tertuju pada ruangan di dalam rumah. Padahal, area eksterior juga perlu mendapat perhatian tersendiri. Apalagi sebentar lagi akan datang Hari Raya Idul Fitri di mana akan ada banyak tamu yang akan bertandang.


Membersihkan area depan rumah juga tidak hanya sekedar membersihkan lantai teras dan memotong rumput, tapi juga membersihkan segala perabotan yang ada di sana. Tentu saja Anda perlu mengeluarkan peralatan bersih-bersih beserta lap dan sikat berbulu untuk melakukan tugas ini.
Akan tetapi, tugas ini perlu dilakukan dengan hati-hati agar tidak merusak material atau furnitur yang ada di pekarangan rumah. Dan untuk membantu Anda melakukan tugas ini dengan benar, simak beberapa tips berikut ini:


1. Selang Air Bertekanan Tinggi

Kotoran dan debu yang melekat pada furnitur di luar rumah terkadang tidak bisa dibersihkan bila hanya digosok menggunakan sikat. Namun penggunaan air bertekanan tinggi yang dikeluarkan dari selang bisa merusak beberapa material seperti batu bata yang rapuh.
Jadi, sebaiknya mulai pekerjaan bersih-bersih dengan tekanan air yang paling ringan ke tinggi. Anda boleh saja menggunakan selang air ini untuk material berbahan solid seperti vinyl atau kayu.

2. Cairan Pembersih

Terkadang air saja juga tidak cukup untuk membersihkan noda membandel yang melekat pada pagar atau lantai pekarangan. Jika ditemukan jamur atau lumut, gunakan cairan pembersih rumah yang dirancang khusus untuk melunturkan jamur dari permukaan dinding. Setelah membersihkannya dengan spons atau sikat, diamkan beberapa saat sebelum dibilas menggunakan selang air.

3. Jaga dari Jangkauan Anak-anak dan Hewan Peliharaan

Ada banyak jenis kotoran yang muncul ketika Anda membersihkan area eksterior rumah. Debu dan kotoran yang lengket tentunya bisa membuat kulit sensitif menjadi gatal dan kemerahan. Untuk itu, sebaiknya jauhkan anak-anak dan hewan peliharaan dari jangkauan ketika hendak melakukan proses bersih-bersih. Anda juga disarankan menggunakan sarung tangan dan masker wajah.

4. Lindungi Tanaman

Ketika melakukan bersih-bersih rumah dengan cairan pembersih dan semburan air dari selang, lindungi tanaman dari kontak langsung. Tanaman bisa dengan mudah layu dan rusak karena terkena semburan air bertekanan tinggi. Begitu pula dengan tanah yang terkena kontak langsung dengan cairan pembersih berbahan kimia.

5. Langkah Mudah 

Sebelum melakukan bersih-bersih, perhatikan dengan seksama tampilan eksterior rumah dan bagian yang kotor, terutama yang dihinggapi oleh sarang semut atau jamur. Kemudian basahi bagian tersebut dengan selang air dari arah bawah ke atas permukaan dinding atau pagar.
Gosok atau semprotkan cairan pembersih jika masih terdapat kotoran yang menempel. Terakhir, setelah didiamkan 10 menit, bilas dengan bantuan selang dari atas ke bawah.
Tampilan depan rumah yang bersih dan rapi tentunya dapat memberi kesan pertama yang baik bagi setiap tamu yang akan bertandang.

Sumber : rumah.com

Konsultasikan kebutuhan anda disini, tanpa biaya dan tidak mengikat.

Help Me Find Pro


Powered by Blogger.