Jl. Dr. Setiabudi No. 63 Pamulang Tangsel

Header Ads

Cara Menjadikan Bagian Dalam Rumah Lebih Sejuk


Sebuah hunian adalah ibarat oase bagi pemiliknya. Dimana tentu setiap pemilik atau penghuni rumah mengharapkan suasana rumah yang nyaman dan aman. Ini berarti bahwa kondisi rumah haruslah dijaga sedemikian rupa agar tetap bisa menghadirkan kesan sebagaimana yang diharapkan.
Salah satu hal yang harus bisa dihadirkan agar suasana rumah terkesan nyaman adalah dengan usaha-usaha untuk membuat rumah tetap sejuk. Banyak Cara Menjadikan Bagian Dalam Rumah Lebih Sejuk yang perlu untuk diaplikasikan. Beberapa diantaranya terangkum dalam artikel kali ini, simak ulasannya secara mendalam.

Perhatikan Tinggi Atap, Pemasangan Plafon Eternit Adalah Cara Kontrol Suhu Yang Telah Ada

Para pakar konstruksi dan tata ruang sebenarnya telah mempunyai cara untuk mengontrol suhu ruangan agar terasa sejuk secara natural. Selain itu ada juga beberapa hal yang harus dihadirkan oleh pemilik rumah agar bisa membuat kesan sejuk bagi ruangan didalam rumah. Berikut ini rangkumannya.

Bangun Rumah Dengan Konstruksi Atap Tinggi

Hal pertama yang membuat rumah tak bisa sejuk adalah karena tinggi atap rumah kurang. Tinggi atap rumah yang terbaik adalah berkisar antara 3-5 meter. Ini untuk menjaga agar sirkulasi dalam ruangan tetap lancar serta pencahayaan cukup, tentu saja kesejukan akan terasa bila kondisi demikian sudah bisa dibuat.

Hijaukan Sekeliling Rumah

Kurangnya oksigen bisa membuat ruangan dalam rumah terasa pengap dan panas. Ini terjadi karena salah satu alasan dimana lingkungan sekitar rumah gersang dan tak terdapat banyak tumbuhan peneduh. Tanamlah setidaknya satu pohon kayu, dari jenis apa saja, bisa jenis tanaman kayu-kayuan atau pun buah-buahan, tambahkan pula tumbuhan perdu. Hijaunya lingkungan sekitar rumah akan membawa kesejukan sekaligus nuansa asri yang menyenangkan.

Cukupkan Ventilasi Sebagai Sirkulasi

Tak terdapat banyak jendela serta ventilasi dibagian bangunan rumah adalah salah satu faktor yang menyebabkan rumah tak terasa sejuk. Oleh karenanya membuat banyak ventilasi jadi satu yang mutlak bisa dilakukan untuk menjaga kesejukan rumah. Udara yang mengalir dengan cukup adalah jalan agar bagian dalam rumah tidak pengap.

Indonesia terkenal sebagai negara tropis. Sebenarnya tak susah untuk menjaga agar rumah bisa tetap terasa sejuk di lingkungan beriklim tropis semacam ini. Tetapi hadirnya banyak keluhan tentang rumah yang tidak nyaman karena panas, pengap atau kurang sejuk adalah imbas dari banyak hal.
Salah satu yang pasti adalah tumbuhnya kawasan permukiman di perkotaan yang kurang memperhatikan aspek tata ruang. Termasuk minimnya ruang terbuka hijau. Dengan demikian bagi siapa saja yang mengharapkan suasana di dalam rumah sejuk tentu tak bisa sekedar melakukan aksi pembangunan yang sekedar berpijak pada kepentingan individu semata. Namun dibalik itu pemikiran keruangan sebagai lingkungan hidup bersama juga harus dipusatkan. Oleh karena itu menciptakan satu lingkungan hidup yang mendukung ekosistem hijau harus terus ditingkatkan, imbasnya bukan hanya bagi personal semata namun bisa dirasakan masyarakat banyak.


Powered by Blogger.