Jl. Dr. Setiabudi No. 63 Pamulang Tangsel

Header Ads

Ini Untungnya Beli Rumah Pakai KPR

Cara pembayaran dalam jual-beli rumah kerap menjadi perdebatan. Beberapa orang memilih cara pembayaran tunai karena cicilan dianggap merugikan. Benarkah demikian?

Berbeda dengan pembayaran secara tunai, pembayaran rumah dengan cara mencicil bisa terlihat jauh lebih mahal, terutama jika Anda menjumlahkan total bunga selama masa cicilan dan harga rumah. Namun ingat, total harga tersebut Anda bayar secara mengangsur, dengan tenor hingga 20 tahun.

Kredit Pemilikan Rumah (KPR) akan menjadi menarik untuk dibicarakan. Program 1 juta unit rumah per tahun belum bisa mencukupi akan kebutuhan masyarakat Indonesia.

Konon, sampai akhir 2015 saja ketimpangan kebutuhan dan pasokan (backlog) lebih dari 15 juta unit rumah. Akan rugi rasanya bagi yang belum memiliki rumah, namun tidak segera mengajukan KPR.

Padahal mampu membayar uang muka dan angsuran tiap bulannya  banyak keuntungannya. Dalam buku “Jangan Salah Memilih KPR”, menyatakan keuntungan bagi peminjam dapat berbentuk:

Kepastian Memiliki

Lewat KPR ada kepastian memiliki rumah. Tak lama setelah akad kredit di bank, sertifikat tanah atau rumah sudah diproses untuk balik nama ke atas nama kita.

Tak perlu dana penuh

Anda hanya perlu menyediakan uang muka sekitar 10-20% dari harga rumah, tergantung tipe rumah dan ketentuan bank yang bersangkutan, serta biaya pengurusan surat-surat dan administrasi. Bahkan, untuk rumah subsidi, DP rumah hanya 5%.

Selain itu, keuntungan lainnya berupa angsuran dengan besaran cicilan tertentu, KPR dengan angsuran tertentu ini lebih memudahkan untuk mengatur keuangan.

Semakin ringan

Walaupun angsuran relatif tetap, lambat laun nilainya secara riil menurun akibat inflasi, atau karena penghasilan kita yang naik secara periodik. Selanjutnya ada sarana berinvestasi, pembelian rumah KPR ini bisa jadi investasi, dapat dijual kembali jika tanah daerah tersebut menjadi tinggi. Anda bisa menjual rumah tersebut bahkan sebelum lunas.

Salah satu bank penyedia pembiayaan perumahan yang terbesar adalah Bank BTN. Bank ini menyediakan fasilitas pembiayaan perumahan untuk berbagai kalangan, termasuk rumah subsidi.

Sumber: rumah.com

Powered by Blogger.