Jl. Dr. Setiabudi No. 63 Pamulang Tangsel

Header Ads

Tips Praktis Mencuci Pakaian Saat Mudik

Apakah saat ini Anda dan keluarga sedang mudik atau berlibur ke luar kota? Pastinya akan ada banyak pakaian yang dibawa jika Anda berpergian dalam waktu yang cukup lama, apalagi jika perginya bersama keluarga.

Sebenarnya Anda bisa meminimalisir barang bawaan dengan membawa baju secukupnya. Dan apabila persediaan baju bersih sudah habis, tak perlu juga harus beli baju baru. Ya, Anda bisa mencuci baju kotor meskipun sedang mudik atau liburan. Bagaimana caranya? Simak tips praktis berikut ini.

1. Pilih Jenis Bahan Pakaian

Untuk memudahkan proses pencucian, bawa baju yang memiliki karakter bahan kain tipis dan tidak terlalu tebal seperti polyster dan nylon. Bahan-bahan tersebut diketahui lebih mudah untuk dikeringkan dibandingkan bahan lain. Jadi ketika hendak menjemur pakaian Anda tidak perlu repot mencari tempat dengan sinar matahari yang banyak.

2. Bawa Perlengkapan untuk Mencuci Pakaian

Ketika berpergian dan Anda berencana untuk mencuci pakaian kotor, bawa persediaan untuk mencuci seperti deterjen dan pelembut pakaian dari rumah. Tidak hanya itu, Anda juga perlu membawa sedikit bubuk penghilang noda untuk menghilangkan noda makanan atau minuman di baju Anda.

Tidak perlu membawanya dalam bentuk satu kantung besar Anda bisa membeli deterjen dan pelembut dalam bentuk sachet untuk menghemat tempat.

3. Periksa Fasilitas Hotel

Jika Anda berpergian dan menginap di hotel, periksa apakah ada layanan mesin cuci yang bisa digunakan selama menginap. Jika tidak ada, Anda bisa menggunakan perabotan yang terdapat di dalam kamar mandi seperti wastafel. Sebaiknya Anda mandi terlebih dahulu sebelum mulai mencuci baju agar tidak ada pakaian kotor baru yang menumpuk.

4. Mencuci di Wastafel

Tutup bagian dasar wastafel kemudian isi dengan air hangat. Campurkan beberapa sendok deterjen dan aduk hingga berbuih, rendam pakaian kemudian biarkan selama kurang lebih 15 menit. Jika sudah, kucek pakaian secara perlahan. Tambahkan sabun atau deterjen untuk membersihkan alas kaos kaki dan bagian bawah lengan baju.

5. Gunakan Handuk

Siapkan satu buah handuk kering kemudian letakkan baju yang basah di atasnya. Peras handuk tersebut berikut baju basah di dalamnya. Cara ini akan memudahkan air keluar dari baju sehingga ketika dijemur tidak banyak air yang berjatuhan serta dapat kering lebih cepat.

6. Keringkan Pakaian

Siapkan sebuah area untuk menjemur pakaian, jika Anda terpaksa menjemur di dalam ruangan usahakan agar pintu atau jendela tetap terbuka untuk menjaga sirkulasi udara agar bisa mengeringkan pakaian yang dijemur. Anda juga bisa menggantungkan pakaian di dekat kipas angin atau pendingin ruangan.

Sumber: rumah.com

Powered by Blogger.