Jl. Dr. Setiabudi No. 63 Pamulang Tangsel

Header Ads

10 Tips Dekorasi Dengan Biaya Terbatas


Semua orang tentu sudah tahu bahwa mendekorasi rumah tentu membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Biaya tetap besar walaupun yang didekorasi hanya satu ruang saja. Biaya tersebut terdiri dari pengeluaran untuk cat, hiasan dinding, hiasan meja, perabot, dan lain-lain.
Untuk memudahkan Anda dalam mendekorasi dengan biaya rendah, berikut ini 10 tips dari kami.

1. Perencanaan

Perencanaan selalu menjadi hal yang paling utama, terlebih lagi jika Anda harus bekerja dengan budget yang ketat. Anda tentu tidak mau hanya melihat sofa yang bagus tanpa membelinya atau membeli sofa yang tidak bisa masuk ke rumah Anda. Mulailah dengan mencari inspirasi, rinci apa yang Anda butuhkan, buat anggaran, dan berbelanja ke toko. Jangan lupa memasukkan ukuran dalam perencanan. Jangan lupa pula menyesuaikan semuanya dengan keadaan finansial Anda.

(Baca juga: 10 Cara Dekorasi Rumah Kekinian ala Millennials, Jadi Keren Loh!)

2. Gunakan kembali apa yang sudah ada

Bukanlah sesuatu yang dapat disanggah bahwa menggunakan barang yang sudah ada akan menurunkan biaya. Jika ada barang lama Anda yang terlihat sudah usang, perbaiki. Jika perabot Anda masih bagus, tetap gunakan barang tersebut. Jangan takut barang lama tersebut tidak menghasilkan suasana baru. Suasana baru terbentuk dari berbagai hal.

3. Furnitur yang tepat

Tidak seperti warna dan elemen dekorasi yang lain, perabot dapat bertahan dalam waktu yang lama. Tren interior memang berubah, Akan tetapi, jika Anda memilih perabot yang tepat, Anda dapat menggunakannya dalam waktu lama. Pada umumnya, perabot dengan bentuk yang sederhana adalah yang tidak termakan zaman.


4. Perabot tanpa vernis bisa jadi pilihan yang tepat

Finishing seperti vernis, duko, dan lain-lain biasanya akan membuat harga satu perabot tinggi. Anda dapat melapisi atau mengecat perabot Anda sendiri. Selain bisa memperoleh warna yang sesuai, Anda juga tahu bahwa perabot Anda benar-benar tidak cacat. Itu karena biasanya finishing tersebut akan menutupi bagian perabot yang cacat.


5. Jangan ragu berbelanja barang bekas

Tren selalu berulang. Salah satunya adalah tren yang ada pada interior. Jadi, jangan ragu untuk membeli barang bekas. Harganya yang murah akan membuat anggaran Anda berkurang. Akan tetapi, jangan lupa untuk memerhatikan kondisi barang bekas yang akan Anda beli. Anda tidak mau perabot tersebut hanya bertahan sebentar, kan?


6. Berani dengan warna

Warna atau cat memiliki kekuatan sendiri dalam menghasilkan suasana baru di dalam ruang. Biaya yang dikeluarkan untuk cat biasanya tidak sebesar biaya yang dikeluarkan untuk perabot. Akan tetapi, jangan salah dalam memilih warna agar Anda tidak perlu menggantinya dalam waktu yang lama.

7. DIY! Do It Yourself!

Dekorasi dapat didefinisikan sebagai benda yang tidak memiliki fungsi apapun selain memperindah ruang. Dekorasi ini bisa berupa benda seni, poster, karpet, dan lain-lain. Berbagai macam dekorasi bisa dibuat sendiri. Ini akan menghemat banyak uang Anda walaupun usaha yang dibutuhkan sebenarnya lebih besar.


8. Coba desain minimalis

Tau desain minimalis, kan? Sesuai namanya, desain minimalis juga dapat meminimalkan pengeluaran Anda. Salah satu hal yang membuat desain minimalis tidak banyak biaya adalah konsepnya yang mempertahankan ruang terlihat bersih. Jadi, tidak salah untuk mencoba, kan? Apalagi saat ini desain minimalis sedang marak digunakan.

9. Tidak perlu melakukannya dalam waktu bersamaan

Saat anggaran Anda hanya sedikit, Anda tentu tidak dapat mendekorasi ulang rumah Anda dalam waktu yang bersamaan. Tentukan prioritas Anda. Ruang mana yang terlebih dahulu, barang apa yang paling dibutuhkan. Seiring berjalannya waktu, dekorasi ruang Anda akan semakin matang.


10. Mau menggunakan desainer? Ingat mahasiswa!

Satu hal yang paling penting dari semua tips itu adalah kemampuan Anda mendekor. Jika Anda tidak percaya mendekor, cobalah bayar jasa seorang desainer. Tidak perlu desainer terkenal. Banyak mahasiswa desain yang dapat dibayar dengan upah lebih rendah untuk memperkaya portofolionya. Akan tetapi, jangan lupa melihat karya-karya yang pernah ia buat.




Powered by Blogger.