Jl. Dr. Setiabudi No. 63 Pamulang Tangsel

Header Ads

9 Cara Menjadikan Rumah Terlihat ‘Lebih Mahal’

Hampir setiap orang akan berdecak kagum dan berkata ‘wow’ setiap kali melihat dan menemukan sebuah rumah yang terlihat mewah dan lux dari luar. Begitu melihatnya dari luar, mereka akan tertarik dan penasaran dengan siapa orang yang ada di balik rumah mahal tersebut. Mungkin mereka akan bertanya soal berapa biaya penggarapannya, siapa pencetus idenya, siapa arsiteknya, hingga siapa yang mengatur interiornya.
Tak ada orang yang tak bangga ketika berhasil memiliki rumah nyaman yang terlihat mewah tersebut. Dan jika di kemudian hari terpaksa dijual kembali sekalipun, harga rumah akan melonjak tinggi dan menambah keuntungan serta value untuk sang pemilik rumah.
Tak perlu repot-repot merenovasi ini itu, namun desainnya yang mewah dan megah sudah mampu meyakinkan pembeli bahwa ia memang harus membayar mahal untuk mendapatkan rumah tersebut. Disamping itu, tinggal di dalam sebuah rumah yang mewah tentu sangat menyenangkan karena kita akan lebih nyaman dan betah berada di dalamnya.
Menurut beberapa arsitek dan desainer berpengalaman, sebenarnya membuat rumah terlihat mewah itu cukup mudah. Tentu saja mudah bagi orang yang mengetahuinya. Dan tak perlu mengeluarkan biaya yang terlalu tinggi, kamu pun bisa menyulap rumahmu menjadi terlihat mewah dengan beberapa cara sederhana berikut ini.

1. Bawa suasana outdoor yang segar ke dalam ruangan


Tak ada yang mengatakan bahwa bunga-bunga yang ada diluar mencerminkan kemewahan , namun setidaknya ketika bunga-bunga cantik nan segar tersebut diletakkan di dalam rumah, hal tersebut akan menjadikan rumahmu lebih menarik dan berwarna. Rumah dan ruangan tak akan terkesan sepi dan kosong karena terdapat bunga-bunga cantik yang mengisi. 
Pilih bunga-bunga bernuansa mahal seperti tulip atau mawar putih yang makin menyiratkan bahwa rumah yang kamu tinggali memang benar-benar mewah. Kamu juga bisa bermain dengan bunga anggrek yang diletakkan di ruang keluarga atau bahkan bunga lili yang terdapat di sudut tangga. 
Kesan ‘mahal’ akan semakin tampak ketika kamu berhasil merawat bunga dan taman kecil di dalam rumah yang kamu tinggali. Tambahan kayu-kayu etnik yang menghiasi ruangan akan membuat nilai dari rumahmu semakin terangkat. Jangan ragu untuk membawa kesegaran ruangan outdoor ke dalam ruang indoor yang mampu membuat rumahmu makin ciamik.

2. Hiasi dengan buah-buahan

Setelah puas bermain dengan bunga-bunga yang segar, kita akan beralih ke buah-buahan yang rupanya juga mampu mengangkat ‘nilai’ dari sebuah rumah. Hiasi dapur dengan berbagai macam mangkuk berisi buah segar seperti jeruk, anggur, apel dan lainnya agar kesegaran dapur pun tercipta. 
Tak hanya di dapur saja, jangan ragu untuk meletakkan mangkuk besar buah-buahan tersebut pada meja tamu atau meja sofa yang membuat rumahmu makin terlihat hidup dan berwarna. Buah-buahan akan menggambarkan kesejukan dan kesuburan yang menandakan si pemilik rumah memiliki rejeki yang baik.


3. Buat rumah lebih hidup dengan kesan ‘berantakan’

Rumah yang terlihat kosong dan tidak hidup akan menyiratkan kelesuan dalam rumah tangga. Sebaliknya, rumah yang tampak sedikit ‘berantakan’ akan meyakinkan orang bahwa si pemilik rumah merupakan orang yang cukup berada. Bukan bermaksud untuk pamer, namun rumah yang hidup dan memiliki penghuni tidak mungkin akan rapi sepanjang hari. Pasti ada sedikit tumpukan sampah, buku, atau foto-foto yang menyiratkan sebuah kehidupan. 
Biarkan lukisan, foto, karya seni, artefak, atau karpet tetap barada di ruang keluarga yang hangat. Hal ini akan menjadikan rumah lebih terlihat etnik dan tampak ‘mahal’.


4. Pencahayaan yang baik

Pencahayaan tentu menjadi nilai tersendiri dari sebuah rumah. Rumah yang mewah memiliki pencahayaan yang baik dan terang, baik dari segi cahaya alami maupun cahaya lampu. Jangan ragu untuk bermain dengan aneka lampu yang cantik untuk mengisi ruangan-ruangan di dalam rumahmu. Berinvestasilah dengan membeli beberapa lampu berkualitas yang mampu mendongkrak nilai dari rumahmu.
Pasanglah lampu yang elegan di dalam kamar tidur atau di ruang makan agar keindahan dari setiap sudut ruang tak terbantahkan. Dan satu lagi yang masih berhubungan dengan hal ini, pasanglah tirai pada jendela-jendela di ruangan dengan tirai yang terlihat elegan dan mewah. Tirai yang dipasang pada langit-langit yang tinggi juga sangat identik dengan rumah berharga mahal.


5. Tambahkan cetakan pada langit-langit dan sisi dinding rumah

Agar rumah terlihat semakin mewah, kamu juga bisa menambahkan cetakan pada beberapa bagian rumah, seperti langit-langit, dinding rumah, atau bagian alas tiang. Cetakan tersebut mampu membuat rumah terlihat elegan dan tak terlihat polos. Pilih motif cetakan yang sesuai dengan gaya rumah agar tetap terlihat serasi.


6. Pilihan warna cat

Warna cat dinding sedikit banyak berpengaruh terhadap keindahan sebuah rumah. Jika kamu memilih warna putih sebagai warna dinding rumahmu, bukan berarti rumahmu akan terlihat hambar dan polos. Tentu saja padu padan warna putih dengan beberapa elemen perabotan pendukung justru mampu menjadikan rumah tampak cantik dan mahal. 
Jika menilik majalah interior ruangan, akan banyak desainer yang menyarankan untuk menggunakan warna cat berwarna-warni agar rumah terlihat terang dan mewah. Namun kesemua itu tergantung dari selera serta penataan perabotan sendiri yang menjadikan style rumah semakin tampak.


7. Sentuhan kain

Tak hanya warna cat dan material saja yang berpengaruh terhadap apik tidaknya ruangan dalam rumah, namun kain juga berpengaruh pada penampakan yang mewah dari rumah. Tambahkan kain seperti kain beludru, sutra, atau linen di beberapa sudut runagan yang akan membuat rumahmu semakin terlihat ‘kaya’. Jangan lupa untuk mencocokkan pola serta warna kain dengan interior rumah yang lain agar tetap enak dipandang.


8. Aksesoris dan karya seni

Tak perlu membeli lukisan atau karya seni mahal dari seniman terkenal untuk membuat rumah terlihat mewah, kamu cukup memajang karya seni anak-anak atau foto-foto keluarga di dinding rumah untuk memperlihatkan kesan mewah pada rumah. Mewah tidak selalu berarti mahal, namun tetap terlihat elegan dengan cara yang sederhana. 
Tambahkan beberapa aksesoris dan benda-benda favorit di dalam ruangan agar ruangan tak terlihat sepi. Menggantungkan beberapa pajangan dari kayu atau ukiran juga mampu menjadikan suasana rumah telihat apik dan indah. 
Jika memiliki banyak waktu luang, tak ada salahnya untuk membuat sedikit ‘cerita’ pada dinding rumah. Pajang beberapa foto dan karya seni yang menggambarkan suatu cerita tentang kehidupanmu atau keluargamu. Jika ada tamu datang, mereka akan dengan mudah menemukan beberapa hal menarik dari rumah dan keluargamu dengan memandang karya ini. Tambahkan juga beberapa buku di bawah rak meja agar kesan mahal dan eksotik lebih terasa.


9. Jangan lupakan sesuatu di bawah rumah

Dan satu hal lagi yang jangan sampai terlewatkan dari kesan mewah rumahmu, yaitu pemilihan lantai rumah. Kamu bisa memilih lantai kayu untuk kesan yang mewah dan elegan atau lantai dari karpet halus yang lebih memberikan kesan klasik. Jangan biarkan lantai tetap polos karena kepolosan dari lantai tidak cukup kuat untuk membuat rumah terlihat mewah dan mahal.

Via caradesain.com


Powered by Blogger.