Jl. Dr. Setiabudi No. 63 Pamulang Tangsel

Header Ads

Galau Antara Beli Mobil Atau Rumah? Ini Solusinya!


Dilema yang umumnya dihadapi masyarakat kelas menengah muda adalah ketika tiba saatnya mereka harus dihadapkan pada pilihan antara membeli mobil atau rumah. Harus diakui keduanya sama-sama penting dan juga sama-sama butuh dana yang besar untuk bisa memilikinya.
Di satu sisi, kini banyak kemudahan yang ditawarkan untuk memiliki rumah ataupun mobil. Sebut saja mulai dari kebijakan Pemerintah lewat Program Sejuta Rumah, aturan DP yang semakin ringan, hingga kebijakan mobil murah yang dikenal dengan istilah LCGC (Low Cost Green Car). Belum lagi persaingan antara pihak developer maupun ATPM (Agen Tunggal Pemegang Merek) yang biasanya akan menguntungkan konsumen lewat pemberian diskon plus gimmick yang menarik.


Namun jika menimbang-nimbang berdasarkan kemampuan seperti faktor kebutuhan, kondisi keuangan, dan juga perencanaan ke depan, tentu saja harus ada yang dikalahkan. Dan agar memudahkan Anda untuk menentukan prioritas, mana yang harus dibeli lebih dulu, simak poin-poin berikut ini:

Jika ingin mobil lebih dulu

Pertimbangkan seberapa besar kebutuhan Anda akan mobil. Apakah mobil tersebut digunakan hanya untuk mobilitas atau untuk mencari penghasilan tambahan?
Jika hanya untuk ke tempat kerja, apakah ada alternatif lain seperti fasilitas antar jemput yang disediakan kantor atau mungkin dengan angkutan umum?
Bila mobil tersebut ditujukan sebagai sumber penghasilan, maka pelajari dan hitung dengan cermat mengenai potensi keuntungan yang bisa didapatkan. Apakah dapat menutup cicilan dan juga biaya perawatan yang timbul?
Selain kebutuhan, Anda juga perlu memastikan kondisi keuangan Anda dan juga harga mobil yang diinginkan. Apakah dana Anda cukup untuk membayar uang muka dan juga cicilannya?

Jika ingin rumah lebih dulu

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah apakah rumah ini benar-benar sudah menjadi kebutuhan Anda atau hanya sebagai investasi?
Bagi pasangan baru, pertimbangan tinggal di rumah mertua atau orangtua untuk sementara waktu bisa dimanfaatkan untuk menabung sebanyak-banyaknya mengingat harga rumah berkali lipat lebih besar daripada mobil.
Hitung dengan cermat kemampuan Anda untuk membayar uang muka rumah dan cicilan perbulannya. Pastikan agar tidak mengganggu kebutuhan lain yang juga penting.
Sesuaikan juga dengan perencanaan ke depannya, apakah Anda memang sudah berencana menetap di tempat tersebut atau masih ada kemungkinan untuk pindah? Nah, bila Anda memang sudah mantap untuk menetap, maka Anda dapat memutuskan membeli rumah sebagai tempat tinggal permanen di lokasi tersebut.

Nah, pilihan untuk membeli mobil atau rumah dulu memang kembali pada kebutuhan masing-masing orang. Tapi yang perlu disadari, mengingat dana yang dibutuhkan cukup besar, pembelian mobil ataupun rumah tersebut jelas akan membawa konsekuensi bagi keuangan Anda.
Namun sekedar mengingatkan, jika dilihat dari sisi investasi, berbeda dengan kepemilikan kendaraan, harga properti naik terus setiap tahunnya, loh!


Powered by Blogger.