Jl. Dr. Setiabudi No. 63 Pamulang Tangsel

Header Ads

Kiat Tetap Nyaman Meski Serumah dengan Mertua


Ada kalanya Anda mengalami konflik dengan mertua. Agar Anda dan mertua tetap nyaman tinggal bersama, lakukan langkah berikut ini.

Antisipasi dengan panduan

Mertua memang cenderung memanjakan anak. Untuk mengantisipasinya, buat jadwal kegiatan serta daftar menu makanan harian untuk anak sehingga mertua memiliki panduan.
Jika memang Anda tak setuju dengan cara mereka memanjakan anak Anda bicarakan dengan sopan dan sertai dengan penjelasan mengapa hal itu sebaiknya tidak dilakukan.

Ada batasan ruang

Misal jika kamar anda ada di lantai atas, mertua di lantai bawah. Gunanya agar mereka tak perlu mendengar seluruh percakapan anda dan pasangan.
Bila memang lahan rumah mencukupi, sebaiknya buat paviliun untuk memisahkan rumah Anda dan rumah mertua.

Berbagi tugas rumah

Mertua akan sena langsung dalam mengurus rumah. Tanpa bernada memerintah, minta bantuannya untuk mengurus halaman, memasak, atau mengawasi ART menjalankan tugasnya.

Beri ruang kebebasan

Ada saatnya mertua bosan jika hanya berdiam diri di rumah. Ambil keuntungannya, rumah anda mungkin jadi lebih terurus dan nyaman. Selama hasilnya positif, bebaskan mertua "berkreasi" di rumah anda.

Pentingnya privasi

Walaupun sulit, tetap harus ada ruang bagi privasi untuk kedekatan anda dan pasangan. Jadi perlu ada area yang tidak bisa sembarangan dimasuki mertua atau anggota keluarga lainnya yang ikut tinggal dengan anda.
Upayakan agar Anda dan pasangan memiliki ruang yang sifatnya privasi. Misalnya, area kamar tidur Anda dan sekitarnya seperti balkon, dan ruang kerja.


Powered by Blogger.