Jl. Dr. Setiabudi No. 63 Pamulang Tangsel

Header Ads

Mengenal Material Kaca Tempered

Pintu kaca tanpa bingkai atau sering disebut pintu frameless, kaca mobil, kaca pada railing kaca di Mall umumnya menggunakan kaca tempered. Tetapi sebenarnya apa yang dimaksud dengan kaca tempered?
Kaca tempered adalah kaca float biasa yang telah ditingkatkan kekuatannya dengan cara dipanaskan sampai titik didih tertentu (sekitar 700'C) kemudian didinginkan secara mendadak dengan semburan udara dingin pada kedua sisinya, sehingga akan terjadi perubahan gaya tarik dan gaya tekan dari kaca tersebut.


Proses tempered atau tempering memakan waktu yang tidak terlalu lama (tergantung ketebalan kacanya), tetapi yang membutuhkan waktu lama adalah pra prosesnya atau proses sebelum dilakukan tempering seperti memotong (cutting), melubangi (drilling), atau menggosok (edging). Selain itu antrian proses tempered di tempat prosesor juga kadang memakan waktu lama sehingga untuk kaca tempered secara total prosesnya bisa mencapai satu mingguan.


Beberapa karakteristik dari kaca tempered adalah :
  • Memiliki kekuatan yang tinggi - kekuatan kaca tempered bisa tiga sampai lima kali lipat dari kaca biasa.
  • Tahan terhadap perubahan suhu - Kaca tempered mempunyai ketahanan terhadap perubahan suhu tiga sampai lima kali lipat dari kaca biasa.
  • Aman (maka termasuk dalam safety glass) - jika sampai pecah, pecahan kaca tempered akan berbentuk kecil-kecil dan tidak tajam
  • Tidak dapat diproses lagi setelah melalui proses tempered - Kaca tempered tidak dapat dipotong atau dilubangi karena hal itu akan merusak keseimbangan gaya tarik dan tekannya. Kaca harus dipotong / dilubangi sebelum proses tempered
Kaca tempered biasa digunakan untuk pintu kaca frameless, shower screen dinding dan pintu, furniture misalnya meja kaca railing tangga kaca, dan kaca mobil. Untuk partisi dinding bisa digunakan kaca tempered 8 mm, tetapi untuk pintu minimal kaca tempered tebal 10 mm atau mungkin malah tebal 12 mm.


Powered by Blogger.