Jl. Dr. Setiabudi No. 63 Pamulang Tangsel

Header Ads

6 Perabot Pintar Penghemat Ruangan Sempit

Tinggal di hunian bergaya minimalis tak seharusnya membatasi Anda untuk mendesain interior ruang. Mungkin Anda tak bisa menaruh sofa berukuran besar seperti keinginan Anda, tapi bukan berarti Anda tidak bisa punya sofa, kan?!


Rumah Anda tetap bisa cantik dengan perabot lengkap, bahkan lebih fungsional tanpa mengurangi kenyamanannya, loh! Caranya? Gunakan smart furniture atau perabot pintar yang dapat menghemat ruang tanpa meninggalkan fungsinya.
Ya, dengan perabotan model ini ruangan minimalis Anda akan tetap lega. Yuk, intip aneka perabot pintar yang dapat Anda jadikan inspirasi untuk menata rumah minimalis Anda!

Meja dan Kursi Tamu Lingkaran

Saat tidak dipakai, kursi-kursi dapat disatukan ke bagian bawah meja sehingga perabot ini tetap terlihat seperti meja kayu yang cantik.

Meja dan kursi merupakan perabotan wajib pada setiap hunian. Sayangnya perlu space yang cukup besar untuk menaruh set perabot ini.
Untuk mengatasinya, Anda bisa meminta tukang kayu langganan membuatkan desain meja set berbentuk lingkaran dilengkapi empat kursi dalam bentuk seperempat lingkaran.
Saat tidak dipakai, kursi-kursi dapat disatukan ke bagian bawah meja sehingga perabot ini tetap terlihat seperti meja kayu yang cantik.

Meja Tanam

Jika sudah terpasang Anda dapat menarik lantainya, dan otomatis lantai akan berubah menjadi meja serbaguna yang dapat digunakan untuk alas makan, meja laptop, atau meja tulis.

Pernahkah terpikir untuk menyatukan dua hal demi menghemat sebuah ruang. Coba, deh, buat meja tanam seperti ini. Caranya buat dua lapis lantai seluas meja yang diinginkan. Lalu pasangkan rangka besi sebagai kaki dan baut sebagai penggerak lantai lapis kedua.
Tempelkan rangka lapis kedua pada lantai lapis pertama. Jika sudah terpasang Anda dapat menarik lantainya, dan otomatis lantai akan berubah menjadi meja serbaguna yang dapat digunakan untuk alas makan, meja laptop, atau meja tulis.
Setelah selesai digunakan, Anda tak perlu bingung mencari tempat penyimpanan. Cukup dengan ‘menanam’ kembali, meja tersebut akan menjadi lantai sehingga rumah selalu terlihat rapi.

Kursi Rak Buku

Bentuk bagian bawah menjadi sebuah rak dengan sekat-sekat kecil sehingga Anda dapat menaruh buku-buku favorit di sana.

Dengan sedikit kreativitas, Anda dapat membuat sebuah kursi multifungsi yang sekaligus berfungsi sebagai rak buku. Caranya, buat kursi kayu dengan konsep mengantung seperti pada gambar. Lalu, manfaatkan ruang di bagian bawah tempat duduk untuk menyimpan buku.
Bentuk bagian bawah menjadi sebuah rak dengan sekat-sekat kecil sehingga Anda dapat menaruh buku-buku favorit di sana. Ini akan membuat aktivitas membaca lebih menyenangkan sekaligus memudahkan Anda mencari buku dalam posisi santai saat sedang duduk.
Dengan smart furniture ini, rumah Anda tak hanya terlihat lebih rapi tetapi juga lebih catchy.

Alas Setrika Cermin

Taruh alas setrika ini dekat dengan stop kontak sehingga memudahkan Anda menjangkaunya saat dibutuhkan.

Punya alas setrika lipat di rumah? Buat benda ‘biasa’ ini menjadi multifungsi. Caranya gampang banget! Cukup dengan menambahkan cermin besar yang disesuaikan dengan bentuk dan ukuran di bagian belakang alas setrika.
Tinggal lipat mejanya, dan voila! jadilah cermin yang dapat digunakan untuk bersolek melihat dandanan Anda. Taruh alas setrika ini dekat dengan stop kontak sehingga memudahkan Anda menjangkaunya saat dibutuhkan. Praktis ‘kan?!

Lukisan Kotak Perhiasan

Lukisan akan berfungsi sebagai penutup sehingga aksesori di dalamnya tidak akan terlihat layaknya lemari biasa.

Punya banyak koleksi perhiasan, tapi bingung mau menyimpannya di mana? Kenapa tak coba menyimpannya di dalam lukisan? Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah membuat rak dinding dengan ketebalan 5-15 cm. Pasang rak tersebut pada dinding kosong di rumah Anda.
Lanjutkan dengan membuat engsel untuk disambungkan pada lukisan. Lukisan akan berfungsi sebagai penutup sehingga aksesori di dalamnya tidak akan terlihat layaknya lemari biasa. Saat Anda ingin mencari perhiasan untuk digunakan tinggal buka, deh, lukisannya.

Jendela Jemuran

Saat pagi hingga siang hari Anda dapat membuka teralisnya untuk menjemur handuk atau baju. Angin dan udara panas yang masuk dari jendela akan mempercepat proses pengeringan pakaian.

Hunian minimalis sering kali tak memiliki ruang menjemur. Kini Anda dapat memanfaatkan teralis jendela untuk menjemur pakaian. Caranya dengan membuat teralis kayu atau besi yang mudah dibuka-tutup pada jendela rumah.
Saat pagi hingga siang hari Anda dapat membuka teralisnya untuk menjemur handuk atau baju. Angin dan udara panas yang masuk dari jendela akan mempercepat proses pengeringan pakaian.
Selain tempat jemuran, jika Anda memiliki jendela di dalam kamar, Anda dapat memanfaatkannya sebagai penggantung hijab. Saat malam hari Anda tinggal tutup teralis jendela agar rumah tetap aman.


Powered by Blogger.