Jl. Dr. Setiabudi No. 63 Pamulang Tangsel

Header Ads

Agar Anda Cepat Punya Rumah, Lakukan Hal Berikut ini!

Menabung tidak hanya karena ingin punya rumah, namun juga bisa mempermudah Anda menyiapkan kebutuhan penting lainnya seperti untuk modal usaha, investasi hari tua, dan lain sebagainya.

Bagi sebagian orang, disiplin menabung untuk membeli rumah bukanlah perkara mudah. Dan salah satu alasan terberat ialah mengubah gaya hidup menjadi lebih sederhana. Selain mengurangi pengeluaran, Anda juga harus siap mengurangi jadwal hang out dan makan di luar.


Anda pasti juga paham bahwa hidup yang boros justru rentan mengantarkan Anda pada kondisi finansial yang sulit, bahkan bisa berujung terlilit utang. Ya, belajar hidup sederhana sebenarnya pilihan gaya hidup yang rasional.
Menabung tidak hanya karena ingin punya rumah, namun juga bisa mempermudah Anda menyiapkan kebutuhan penting lainnya seperti untuk modal usaha, investasi hari tua, dan lain sebagainya.
Nah, kalau sudah siap untuk berkomitmen menyimpan uang secara rutin, yuk simak beberapa strategi dan persiapan berikut ini!

1. Pasang target

Semakin spesifik Anda memasang target maka akan semakin besar kemungkinan Anda untuk mencapai hal tersebut. Berapa nominal yang ingin Anda tabung setiap hari atau setiap bulan untuk membeli rumah? Rumah seperti apa yang Anda inginkan?
Jangan lupa, Anda bisa menulis sebanyak mungkin alasan memiliki rumah idaman. Banyak perencana keuangan yang menyarankan hal tersebut supaya Anda makin semangat menabung.


2. Tentukan tanggal memulai

Kapan Anda akan mulai menabung secara rutin? Sangat penting untuk mulai menabung setidaknya di bulan depan setelah mendapat uang gajian. Setelah itu:
Tentukan sebuah tanggal yang menjadi jadwal setoran rutin.
Pilih hari yang santai dan fleksibel untuk menghitung dan mengalkulasi total simpanan.
Buat alarm pengingat di ponsel pintar supaya tidak terlupa.

3. Beri tahu orang lain tentang janji Anda membeli rumah

Mengutarakan janji diri sendiri ke orang lain biasanya lebih mengikat ketimbang hanya menyimpannya seorang diri. Setiap kali Anda memberi tahu seseorang tentang janji untuk mulai menabung secara rutin maka Anda akan semakin memperkuat komitmen tersebut.
Mulai hal ini dengan:
  • Menentukan siapa saja orang yang akan Anda ceritakan tentang komitmen menabung
  • Beri tau mereka tentang rencana Anda membeli rumah


Ada beberapa cara yang bisa Anda coba untuk membuat pengumuman dengan cara yang praktis, misalnya:
  • Mengirim postingan status di sosial media seperti Facebook atau Twitter: “Saya akan mulai menabung!”
  • Ucapkan ke teman-teman, keluarga, dan rekan kerja: “Saya mau beberapa orang tahu bahwa Saya sedang berencana menabung untuk memiliki sebuah rumah. Tujuannya supaya kalian bisa mengingatkan tujuan dan komitmen Saya.”
  • Tulis catatan di pintu kulkas Anda, “Mulai menabung sejak tanggal….”

4. Buat detil action plan

Buat sedetil mungkin action plan untuk mengilustrasikan bahwa rencana Anda nyata dan akan segera terealisasi dalam jangka waktu dekat. Berusaha disiplin mulai dari sekarang dan jangan mudah berubah pendirian sangat penting untuk Anda coba!
  • Bagaimana dan di mana Anda akan menyimpan uang tabungan tersebut? Bisa melalui sistem tabungan deposito yang di debet langsung dari rekening bank Anda, atau setoran manual ke sebuah akun bank terpisah.
  • Berapa jumlah uang yang dibutuhkan untuk mulai membeli sebuah rumah? Jika berencana untuk mengajukan KPR tentukan jumlah uang muka minimum yang harus disetor.
  • Bagaimana cara Anda mendapat uang untuk disalurkan ke setoran tabungan? Apakah Anda akan melakukan penghematan seperti mengurangi biaya paket internet? Atau mulai bekerja sambilan seperti freelance atau bisnis kecil-kecilan untuk meraih pendapatan tambahan?


Powered by Blogger.