Jl. Dr. Setiabudi No. 63 Pamulang Tangsel

Header Ads

Begini Cara Cari Uang dari Garasi Rumah Anda!


Ternyata ada banyak keuntungan yang bisa didapat jika kita memiliki garasi di rumah. Sesuai fungsinya tentu saja sebagai tempat untuk menyimpan mobil dan motor sehingga aman dan terlindung dari terpaan cuaca. Selain itu? Garasi ternyata juga bisa dimanfaatkan sebagai gudang penyimpanan, workshop, hingga bisa menghasilkan uang juga loh!


Namun minimnya luas tanah dan bangunan kerap menjadi halangan bagi banyak pemilik rumah untuk membangun sebuah garasi di pekarangan rumahnya. Alhasil, carport yang ditutup dengan kanopi menjadi alternatif yang banyak dipilih.

Tapi apapun model garasinya, tidak ada salahnya jika Anda mengoptimalkan manfaat yang bisa di dapat dari sebuah garasi. Punya ide mengembangkan bisnis? Tak perlu tergesa-gesa, mulai saja dari garasi rumah Anda!

Dan sebagai panduan, simak beberapa tips bisnis prospektif yang bisa dimulai dari garasi berikut ini.

1. Jadikan Ruang Usaha 

Berawal dari tradisi orang Amerika Serikat yang senang menjajakan barang-barang bekas di ruang garasinya maka Anda pun bisa melakukan hal yang sama. Manfaatkan garasi sebagai tempat usaha yang ideal karena lokasinya yang berada persis di muka rumah. 
  1. Tata rapi. Untuk membuka toko kelontong, usaha laundry, atau sekedar booth snack, garasi Anda tetap harus dirapikan dan dibersihkan agar nyaman ketika dikunjungi calon pembeli. Simpan segala sesuatu yang membuat garasi berantakan ke dalam lemari atau rak. Kemudian cat ulang dinding agar nampak bersih dan rapi. 
  2. Tempel label harga. Supaya proses jual-beli berjalan lebih cepat dan mudah, jangan lupa memberi label harga pada setiap item yang dijual. Dengan demikian calon pembeli juga bisa segera memilih dan mengambil langsung tanpa bertanya terlebih dulu. 
  3. Desain fleksibel, Untuk mempermudah Anda menutup lapak dan memarkir kendaraan ke dalam garasi, buat desain rak atau display lapak yang fleksibel untuk dilipat atau dirapatkan ke dinding. 

2. Menyewakan Ruang

Padatnya area di pusat kota membuat banyak orang membutuhkan area kosong untuk menyimpan benda miliknya. Dan jika rumah Anda berada di pusat kota maka Anda bisa menyewakan garasi sebagai tempat penitipan benda seperti peralatan olahraga, furnitur, onderdil otomotif, bahkan mungkin penitipan motor.
Bisnis ini mungkin masih jarang ditemui namun Anda bisa coba iklankan ruang kosong di rumah Anda untuk disewakan melalui media atau forum sosial. Tentukan tarif yang Anda inginkan sesuai dengan dimensi barang.

3. Membuat Studio/Workshop

Pernah mendengar situs jual beli pakaian 8wood yang dirintis selebriti Alice Norin? Ternyata usaha start up-nya dimulai dari ruang garasi. Dengan menjadikan garasi sebagai studio foto produk sekaligus gudang penyimpanan barang, Alice bisa menghemat banyak modal di awal merintis usaha.
Anda juga bisa mencontek hal serupa dengan menjadikan garasi sebagai tempat gratis untuk mengembangkan bisnis. Salah satunya sebagai studio foto atau workshop atau bengkel konveksi pakaian. Pilih usaha yang ingin Anda tekuni dan pelajari bagaimana memulainya dari awal.

4. Jasa Penitipan Hewan

Bila Anda pecinta hewan tak ada salahnya menjadikan hobi tersebut sebagai peluang usaha. Manfaatkan ruang kosong di garasi sebagai tempat penitipan hewan. Siapkan beberapa kandang yang ditata nyaman dan peralatan mandi untuk merawat hewan agar tetap bersih dan sehat. Namun pastikan garasi Anda steril dan tidak penuh dengan barang.


Powered by Blogger.