Jl. Dr. Setiabudi No. 63 Pamulang Tangsel

Header Ads

Tips Merawat Peralatan Makan dan Dapur Berbahan Stainless Steel


Peralatan makan, masak, dan dapur yang menggunakan material baja anti karat atau stainless steel terlihat sangat bagus untuk dimiliki. Selain permukaan akhir yang mengkilap dan berkesan mewah, peralatan dapur dari stainless dinilai lebih steril untuk dipakai memasak.


Perawatannya pun terbilang cukup sederhana namun harus dilakukan secara berkala agar tidak rusak. Simak beberapa tips membersihkan peralatan stainless steel agar tetap berkilau dan tahan lama berikut ini.

1. Melepas kenop supaya bersih total

Ketika membersihkan perabot stainless steel dan alat pemanggang, jangan lupa untuk melepas kenop depannya. Sela-sela yang sulit dijangkau ini kerap dihinggapi kotoran dan jamur. Dengan melepasnya maka Anda bisa membersihkan permukaan laci dan lemari dengan cepat dan mudah.

2. Gagang berbahan stainless butuh perawatan ekstra

Perangkat memasak berbahan stainless biasanya dilengkapi dengan gagang. Bagian ini adalah yang paling sering disentuh, oleh karenanya harus rajin dilap bersih setiap minggu. Usap dengan kain lap berbahan mikrofiber yang sering digunakan untuk membersihkan lensa kacamata.
Permukaannya yang lembut ampuh menghilangkan debu kecil tanpa meninggalkan goresan pada permukaan. Jadi Anda tidak memerlukan bahan pembersih berbahan kimia untuk membersihkan perangkat stainless steel beserta gagangnya.

3. Lawan karat

Seiring berjalannya waktu, permukaan berbahan stainless steel akan mengalami oksidasi atau berkarat. Untuk membersihkan permukaan karat, Anda bisa menggunakan bubuk pumice yang dicampur dengan air. Bubuk pumice bisa Anda beli secara online atau di toko material.
Gunakan pasta tersebut untuk diseka pada permukaan stainless steel yang mulai terlihat berkarat, kemudian bilas dengan air hangat. Anda akan terkejut melihat bintik hitam menempel pada permukaan kain setelah dibersihkan.


4. Bersihkan meja dapur (countertops)

Meja dapur atau kitchen set yang terbuat dari material stainless steel kerap menjadi pilihan chef professional karena didesain tahan lama. Supaya permukaannya terlihat bersih dan berkilau, hindari menggunakan pembersih berbahan abrasif.
Cukup gunakan beberapa tetes cairan sabun pencuci piring dan air hangat untuk diseka pada permukaan countertops.

5. Hilangkan noda bakar

Jika ada bekas noda hitam karena permukaan stainless steel terpapar api secara langsung, biasanya muncul pada kompor, maka coba resep pembersih berikut ini:
  • 1 cup baking soda
  • ¼ cup jus lemon
  • 3 sendok makan boraks
  • Soda (untuk membilas)
Kombinasikan tiga bahan pertama untuk dibuat pasta pembersih. Aplikasikan pasta pada seluruh area yang terkena noda bakar dan diseka dengan kain lembut. Gosok sedikit untuk bagian yang sulit hilang, kemudian bilas dengan soda. Terakhir lap kering menggunakan kain mikrofiber.


Powered by Blogger.