Jl. Dr. Setiabudi No. 63 Pamulang Tangsel

Header Ads

Ayo, Cegah Rumah Terendam Banjir!


Musim penghujan sudah dekat. Di banyak daerah, musim ini sangat identik dengan banjir. Berbagai persiapan kemudian mulai dilakukan untuk menghadapi banjir. Mulai dari yang sederhana sampai yang menghabiskan uang banyak.
Bagi Anda yang belum mempersiapkan lingkungan rumah Anda untuk menghadapi banjir, saatnya Anda bersiap-siap! Berikut ini adalah beberapa cara untuk mengurangi kemungkinan rumah Anda kebanjiran.

Membuat Biopori

Biopori adalah lubang-lubang kecil selebar 10 cm yang dibuat di tanah. Dengan membuat biopori di pekarangan Anda, daya serap air di pekarangan Anda akan meningkat. Ini akan mengurangi genangan-genangan air yang ada di pekarangan rumah Anda.
Cara membuat biopori tidaklah sulit. Akan tetapi, sebelumnya, Anda harus memiliki ‘bor tanah’ untuk membuat lubangnya. Buatlah lubang tersebut sedalam 100 cm dengan jarak tiap lubang kurang lebih satu meter. Semakin banyak lubang yang Anda buat, semakin cepat air terserap di pekarangan Anda.


Membuat Sumur Resapan

Sumur resapan merupakan salah satu cara untuk menampung air hujan dan membantu peresapannya ke dalam tanah. Sudah jelas dengan adanya sumur resapan, kemungkinan rumah Anda terendam banjir semakin kecil. Periksalah apakah di rumah Anda sudah ada sumur resapan. Jika belum, buat segera. Selain untuk menghindari banjir, sumur resapan juga sudah diatur dalam regulasi harus ada di setiap rumah.


Persiapkan Saluran Air 

Sebenarnya semua orang sudah tahu solusi satu ini. Akan tetapi, tidak banyak yang benar-benar melaksanakan. Persiapan saluran air yang harus Anda lakukan adalah membersihkannya. Hal ini harus Anda lakukan bersama warga sekitar rumah Anda untuk memberikan pengaruh yang berarti saat musim penghujan tiba. 

Gunakan Paving Block atau Grass Block 

Lihat pekarangan Anda, apakah Anda menutupi seluruh pekarangan Anda dengan perkerasan? Jika ya, material apa yang Anda gunakan? 
Jika Anda menutupi pekarangan Anda dengan material-material yang direkatkan dengan semen, segeralah menggantinya. Anda sebaiknya menggunakan paving block atau grass block. Dengan menggunakan kedua material tersebut, masih ada celah yang bisa dilalui air untuk masuk terserap ke dalam tanah. Akan tetapi, ingatlah untuk tidak memasang paving block dengan semen karena celah masuk air pasti akan tertutup.


Meninggikan Rumah 

Tips satu ini adalah pilihan terakhir yang dapat Anda lakukan. Kenapa? Selain pengerjaannya yang lama, biaya yang dihabiskan juga besar. Dengan melaksanakan solusi ini, sama saja Anda merenovasi rumah Anda secara besar-besaran. Tidak hanya lantai saja yang diubah ketinggiannya, banyak hal yang ada di bawah lantai juga harus Anda ubah.


Powered by Blogger.