Jl. Dr. Setiabudi No. 63 Pamulang Tangsel

Header Ads

Lima Kegiatan Rumah Tangga yang Mengurangi Stres


Tekanan pekerjaan dan aktivitas yang padat kerap kali memicu stres berlebih. Akibatnya, Anda sering melalaikan tugas-tugas rumah tangga.
Padahal hasil studi terbaru menyebutkan jika pekerjaan rumah tangga sebenarnya bisa menjadi dialihkan menjadi kegiatan relaksasi.
Hasil riset dari Universitas Florida membuktikan bahwa kegiatan rumah tangga ternyata dalam membangkitkan mindfulness, sebuah teknik meditatif untuk merasa sadar akan diri dan mensyukuri hidup kita. Metode ini dipercaya dapat menurunkan rasa cemas dan meningkatkan kreatifitas diri.
Lalu, bagaimana cara mengubah kegiatan rumah tangga – yang terkesan membosankan- menjadi sebuah terapi mindfulness yang bermanfaat?
Menurut terapis meditasi Judy Kater, caranya adalah dengan fokus terhadap apa yang kita lakukan, sehingga dapat mengurangi banyak tekanan dan stres.
“Kebanyakan emosi dan pikiran kita terkait dengan perasaan khawatir dan merencanakan masa depan,” jelasnya.
Ia menambahkan bahwa praktek meditasi tidak selalu dilakukan dengan cara duduk di atas bantal sembari minum segelas teh. Penasaran contoh kegiatan apa saja yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi stres? Simak lima hal berikut ini.

Fokus Pada Kegiatan Bersih-Bersih

Kegiatan bersih-bersih seperti menggosok lantai, mencuci kendaraan pribadi, menyetrika dan menyapu sudah menjadi rutinitas mingguan yang tidak bisa Anda lewatkan.
Cara mengubah pekerjaan rutin tersebut menjadi aktivitas meditasi adalah cukup dengan fokus pada setiap gerakan dan jangan memikirkan hal-hal yang negatif.
Pusatkan pikiran dan rileks mencium wewangian dari cairan pembersih. Jika tiba-tiba teringat dengan sesuatu yang buruk, kembali fokus pada kegiatan yang sedang Anda kerjakan.

(Baca juga: Lebih Sehat Dengan Membuat Taman Vertikal Unik Di Rumah)


Berkebun

Berkebun dipercaya sebagai kegiatan penghilang stres yang ampuh. Mulai dari memindahkan tanaman ke pot, menyiram tanaman dan merapikan rumput liar, semuanya bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan.
Nikmati saat-saat Anda menyentuh batu, tanah, rumput serta merasakan sinar matahari dan tiupan angin yang lembut menyentuh kulit.
Untuk lebih menghayati terapi meditasi ini, Anda bisa mencium aroma bunga, dedaunan dan tanah yang ada di kebun Anda. Tarik dan hembuskan nafas secara perlahan untuk terapi pernafasan yang baik.

Merapikan laci berantakan

Kebiasaan buruk yang kerap kita lakukan adalah meletakkan barang-barang tidak penting ke dalam laci kerja atau laci rias di kamar tidur.
Dengan merapikan isi laci, kita bisa mulai menyortir barang yang masih bisa dipakai atau tidak. Sesekali temuan barang baru juga dapat membangkitkan ingatan yang menyenangkan. Cara sederhana ini dapat membantu mengurangi stres Anda.


Merawat atau mengajak jalan-jalan hewan peliharaan

Dengan berada di dekat hewan kesayangan, ada banyak manfaat yang didapat. Seperti menurunkan tekanan darah, mengurangi stres dan meningkatkan mood positif.
Jika si kucing sudah terlihat butuh perhatian, tidak ada salahnya mengajak dia ke salon perawatan atau sekedar mengajaknya bermain. Sekali lagi, fokus pada kegiatan dan hubungan dengan si manis akan membuat Anda relaks.

Memasak

Jika sebelumnya Anda kerap menghindari zona dapur, kini tak ada salahnya mulai ‘akrab’ dengan area racik makanan ini.
Mulai dengan memasak menu kudapan sederhana seperti memanggang roti, dipercaya bisa memicu “mindfulness” pada diri Anda.
Hirup aroma harum yang ditimbulkan dari margarin yang dilelehkan, dan asap masakan yang sedap. Setelah merasa lapar, Anda akan puas menyantap makanan yang dibuat sendiri. Lengkap kan?


Powered by Blogger.